Labels: , ,

Prosedur Baru India Tourist Visa On Arrival

by Anny Lim

Sekarang WNI tidak perlu repot-repot mengurus visa ke kedutaan untuk berkunjung ke India. Sebelumnya, pemerintah India telah memberikan kelonggaran visa bagi 10 negara melalu Tourist Visa on Arrival (VOA). Proses ini di-digitalisasi dengan penerapan sistem baru Tourist Visa on Arrival (TVOA) by ETA (Electronic Travel Authorization) yang dapat digunakan oleh turis dari 48 negara sejak Desember 2014. Dengan adanya sistem ini, turis yang ingin berpergian ke India bisa mengurus visa secara online sebelum berangkat ke India dimana saja, kapan saja.

Syarat untuk penggunaan TVOA by ETA adalah sebagai berikut:

1. Turis harus melamar TVOA by ETA minimal 4 hari sebelum hari kedatangan di India.
2. Hanya untuk tujuan rekreasi, bertemu relasi, bisnis (bukan kerja, tidak menerima gaji yang diberikan oleh entitas di India) dan perawatan medis jangka pendek
3. Masa berlaku passport min 6 bulan dari tanggal kedatangan di India dan 2 halaman kosong
4.  Tiket selanjutnya untuk keluar dari India (diperlukan saat proses imigrasi)

Beberapa hal yang harus diketahui tentang TVOA by ETA:

1. Visa dapat digunakan untuk memasuki India lewat 9 bandara: Bengaluru, Chennai, Cochin, Delhi, Goa, Hyderabad, Kolkata, Mumbai & Trivandrum.

2. Visa berlaku selama 1 bulan sejak tanggal aplikasi dan pengunjung bisa tinggal selama 1 bulan sejak tanggal kedatangan di India.

3. Visa bersifat “single entry”, tidak bisa diperpanjang ataupun dirubah, dan hanya bisa digunakan 2x dalam periode 1 tahun.

4. Keterangan lebih lanjut dapat dilihat di link di ini: https://indianvisaonline.gov.in/visa/tvoa.html

Beberapa kelebihan TVOA by ETA adalah sebagai berikut:

1. Aplikasi dapat diisi kapan saja dan dimana saja (min 4 hari sebelum kedatangan di India)
2. Karena visa sudah diperoleh, turis tidak perlu khawatir seandainya VOA akan ditolak setibanya di India.
3. TVOA memiliki counter imigrasi khusus sehingga proses imigrasi menjadi lebih cepat dibanding imigrasi biasa.
4. Karena data telah dimasukkan ke dalam sistem sebelumnya, proses verifikasi oleh petugas imigrasi menjadi lebih cepat.

Langkah-langkah pendaftaran TVOA by ETA adalah sebagai berikut:

1. Buka halaman https://indianvisaonline.gov.in/visa/tvoa.html, tekan kotak “Visa on Arrival Application” berwarna orange.

2. Pelamar akan dibawa masuk ke halaman untuk mengisi formulir data, yang dibagi menjadi beberapa bagian. Setelah selesai mengisi halaman 1 dan menyimpan data, pelamar akan diberi Temporary application ID” yang wajib diingat. No ID ini diperlukan jika pelamar ingin melanjutkan pengisian form di kemudian hari atau merubah data (selama belum penyerahan data akhir).

3. Setelah selesai mengisi semua data, pelamar akan diminta untuk meng-upload pas foto dengan latar putih. File harus dalam format JPEG dan ukuran antara 10kb sampai 1 Mb.

4. Selanjutnya pelamar akan diminta meng-upload dokumen paspor dalam bentuk pdf dan ukuran antara 10 kb sampai 300 kb.

5. Setelah selesai menyerahkan foto dan paspor, periksa kembali semua data yang telah dimasukkan agar tidak ada kesalahan sebelum di penyerahan data akhir. Setelah penyerahan data akhir, data tidak bisa dirubah lagi.

6. Setelah penyerahan data akhir, pelamar akan mendapat “Application ID” permanen, yang menjadi no referensi untuk pemrosesan visa, pembayaran visa dan mengunduh form aplikasi yang telah diisi.

7. Pelamar diminta untuk membayar biaya visa sebesar USD60 secara online, melalui debit card atau credit card. Pembayaran dapat dilakukan langsung pada saat itu ataupun ditunda (dalam jeda waktu 24 hari) dengan membuka kembali halaman awal dan menekan kotak “Pay visa fees” berwarna coklat.

8. Setelah pembayaran, pelamar akan menerima e-mail notifikasi bahwa aplikasi telah diterima dan akan diproses dalam waktu 72 jam. Contoh email dapat dilihat dibawah ini:
Contoh e-mail notifikasi

9. Untuk referensi, pelamar juga bisa mengunduh formulir aplikasi yang telah diisi dalam bentuk pdf dengan membuka kembali halaman awal dan menekan kotak “Print visa application” berwarna hijau. 

Contoh formulir aplikasi dapat dilihat dibawah ini.

Contoh formulir aplikasi . Page 1
Contoh formulir aplikasi . Page 2

10. Dalam kurun waktu 72 jam, pelamar akan menerima email status visa (diterima atau ditolak). Jika diterima, pelamar harus mencetak email tersebut untuk proses di imigrasi. Contoh email dapat dilihat di bawah.
Contoh email status visa yang diterima

11. Setibanya di India, masuk ke counter imigrasi khusus “Visa on Arrival”. Petugas imigrasi  akan melakukan verifikasi dokumen dan data biometrik (sidik jari dan scan mata), dan akan memberikan Visa stamp di paspor.

12. Turis dapat memasuki India dan tinggal selama 30 hari.


 Note:
Berdasar Pengalaman Pribadi

About This Blog

 
Indonesia - India Mixed Marriage Community © 2012