Labels:

Yoga Satu Menit

Oleh Dhipie Kuron

Salah satu kebudayaan India yang menjadi hadiah untuk masyarakat dunia adalah Yoga. Yoga adalah latihan jiwa, mental, dan fisik.

Saat kita berbicara tentang Yoga benak kita seringkali dipenuhi dengan berbagai gerakan sulit yang menuntut kelenturan dan kekuatan badan.

Dalam kelas Yoga For Kids yang diadakan di auditorium kedutaan india di Jakarta  beberapa waktu yang lalu, Ravi Dixit seorang senior Yoga teacher memberikan beberapa bentuk latihan yoga sederhana yang dapat dilakukan dimanapun. Tak perlu peralatan apapun. Latihan ini bertujuan meningkatkan konsentrasi dan memori.

Berikut adalah latihan yang dapat anda lakukan di manapun. Anda cukup duduk tegak dan lakukanlah ketika anda merasa kehilangan fokus dalam keseharian.

Latihan 1
Pertemukan jari telunjuk dan ibu  kedua tangan anda, letakanlah kedua tangan di atas lutut. Perlahan pejamkan mata. Pusatkan pikiran anda pada ujung jari telunjuk dan ibu jari anda. Rasakan sensasi energi dari kedua jari anda. Ini adalah saat anda dapat memulai konsentrasi.

Latihan 2
duduk tegak namun santai, arahkan pandangan kedua mata ke ujung hidung anda. Ketika anda telah menemukan ujung hidung mata anda, hitung dalam hati waktu anda menemukan pejamkan mata anda dalam waktu yang sama dengan waktu yang anda perlukan untuk menemukan ujung hidung anda.

Latihan 3
Kembali pada mata. Letakan ibu jari tangan kanan anda di dahi,  di antara kedua mata, perlahan tarik tangan anda menjauh ke arah depan, sejauh yang dapat anda lakukan. Kemudian tarik kembali mendekat ke arah mata. Lakukan ini beberapa kali.

Latihan 4
Selain mata telinga adalah bagian penting dalam konsentrasi. Tekan telinga anda secara lembut dari bagian atas sampai bagian bawah, 4-5 kali.

Latihan 5
Nafas adalah salah satu tanda kehidupan. Memberikan supply oksigen yang cukup ke otak adalah salah satu cara meningkatkan daya ingat. Hidung organ penting dalam bernafas. Tekan hidung dengan ibu jari dan telunjuk tangan kanan. Kemudian angkat ibu jari tarik nafas dari lubang hidung kanan, tekan kembali lubang hidung kanan, angkat telunjuk dan buang nafas dari lubang hidung kiri. Lakukan ini beberapa kali.

Latihan 6
Gerakan ini disebut dengan latihan "tiger". Letakan tangan dengan tangan telungkup, tundukan kepala. Dagu didekatkan ke dada, buka mulut selebar-lebarnya, julurkan lidah . Dan bernafaslah seperti biasa.

Lakukanlah salah satu dari enam latihan di atas ketika anda sedang jengah dan hanya memiliki waktu senggang yang sangat sempit. Latihan ini kurang dari satu menit.

Jika anda ingin lebih mendalami Yoga. Jawaharlal Nehru Indian Cultural Centre Jakarta memiliki kelas  yoga setiap hari selasa - sabtu. Informasi lebih lanjut tentang ini dapat kontak ke :

Jawaharlal Nehru Indian Cultural Centre
Jl Pandeglang 44 Menteng
Jakarta 10310
Phone   : 021-3155120, 3144661

About This Blog

 
Indonesia - India Mixed Marriage Community © 2012