Labels:

Berlibur ke Negeri Barata - 3

Oleh Diya Ayu

Waktu menunjukkan pukul 5:00 pagi. kami bersiap-siap untuk melanjutkan perjalanan ke Bhopal. Setelah proses check out dari hotel selesai kami berjalan menuju stasiun kereta api. Kira-kira 10 menit kemudian kami tiba di stasiun. Jam 5:45 pagi kereta yang akan kami naiki, Shatabdi Express tujuan Bhopal, datang. Orang-orang berbondong-bondong masuk ke dalam kereta. Suasana menjadi ramai. Para kuli yang menawarkan jasa angkat barang pun tidak mau kalah dengan penumpang termasuk kami. Suami meletakan dua tas koper kami yang besar dan berat pada tempatnya. Maklum oleh-oleh dari Abu Dhabi untuk keluarga di India lumayan membuat tas kami berat. Dan akhirnya kami pun bisa duduk nyaman di kursi kami. Kereta yang kami tumpangi ini merupakan kereta tercepat di India. Setiap gerbong terdapat dua kursi di satu sisi dan tiga kursi di sisi lainnya. Setengah bagian menghadap depan, setengah bagian lagi menghadap ke belakang. Ditengah-tengah bagian terdapat meja panjang. Seperti di dalam pesawat, tiap kursi terdapat meja lipat dibelakangnya. Karena kereta ini menyediakan makanan dan minuman gratis sebagai salah satu bentuk pelayanannnya. Tentunya karena sudah masuk ke dalam harga tiket. Harga tiket untuk dua orang sekitar Rs 2,100 sudah termasuk biaya agen dan pajak.
http://wikimedia.org
Kereta mulai berjalan, petugas mulai membagi-bagikan air minum kemasan merk Rail Neer ukuran satu liter kepada setiap penumpang. Ini adalah air minum kemasan resmi Indian Railway. Koran pagi juga mulai dibagi-bagikan kepada para penumpang. Satu jam kemudian setiap penumpang mendapatkan Chai dan biskuit kemasan kecil. Setengah jam kemudian sarapan pagi berupa 4 potong roti tawar, Amul butter kemasan kecil, 2 buah vegetable cutlet, beberapa boiled mutter dan kentang goreng, saos kemasan dan satu botol kecil lassi (yogurt). Semua penumpang sibuk dengan makanan masing-masing. suasana sedikit tenang. Hanya suara mesin kereta api yang berjalan. Beberapa saat kemudian petugas mulai mengambil nampan-nampan makanan yang sudah di konsumsi.

Setelah sarapan beberapa penumpang terlihat mencoba untuk tidur termasuk saya. Sementara suami sibuk membaca koran pagi. Kereta berhenti di beberapa stasiun. rata-rata kereta berhenti antara tiga sampai lima menit di setiap stasiun. Tetapi karena kereta yang kami tumpangi adalah kereta ekspress, maka tidak banyak berhenti di stasiun.

Akhirnya kami sampai ke Bhopal sekitar pukul 2.15 siang. Kami sudah di jemput oleh supir kakak ipar dan kami pun melanjutkan perjalanan ke rumah kakak ipar untuk bertemu dengan mertua yang kebetulan berada di sana.

Masih banyak perjalanan kami selanjutnya. mudah-mudahan saya bisa berbagi di lain kesempatan. Salam Namaste.

About This Blog

 
Indonesia - India Mixed Marriage Community © 2012