Labels:

Beautiful Gili Island for Beach Lover

Contributor: Carin Sharma
Photos: Sanjay Sharma
 
Bila kita ingin menikmati pemandangan laut yang lengkap dengan pantai yang indah, air yang jernih, ombak yang tenang, dan menikmati pemandangan bawah air yang bagus tetapi cukup di pinggir pantai, maka kepulauan Gili jawabannya. Hanya memerlukan waktu 2 jam untuk tiba diLombok dari Jakarta. Setibanya di Bandara Internasional Lombok Praya, kita dapat langsung menuju pelabuhan bangsal. Pelabuhan ini nih yang menjadi gerbang menuju ke tiga Gili cantik nan eksotis.

Dalam perjalanan menuju Bangsal,  kita akan disuguhkan keindahan pura batu bolong di kawasan Senggigi.  
 

Selain itu sepanjang perjalanan menuju bangsal mata kita dimanjakan dengan pemandangan bukit Malimbu yang indah.
 

Setiba di Terminal Bus Pelabuhan Bangsal, ketika turun dari taksi kita akan ditawarkan oleh banyak pengemudi cidomo (kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok) untuk membawa kita dari terminal bus ke pelabuhan dengan tarif sekitar Rp. 20.000 -30.000. Lebih baik Kita pilih jalan kaki dari terminal bus ke pelabuhan Bangsal, karena jaraknya hanya 10 menit!

Di Pelabuhan Bangsal lagi-lagi kita harus berhati-hati karena banyaknya calo yang menawarkan jasa boat. Jangan coba-coba merespon mereka, karena harganya jauh lebih mahal.  Beli tiket di loket pembelian tiket public boat dengan harga resmi Jasa umum penyebrangan.

Perjalanan di kapal kurang lebih 45 menit. Dari kejauhan terlihat pulau-pulau Gili dengan pasir putih nya, luar biasa indahnya pemadangan disini. Keindahan Pulau pulau Gili mengundang decak kagum para wisatawan dan pantai ini sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara. .

Pulau Gili merupakan salah satu pulau terindah yang terletak di lepas barat laut Pulau Lombok. Disini terdapat tiga Pulau Gili, yaitu Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan. Di Gili, tidak terdapat kendaraan bermotor, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal. Jadi tidak ada polusi sama sekali. Sarana transportasi yang lazim adalah sepeda yg disewakan oleh masyarakat setempat untuk para wisatawan dan cidomo,. Untuk bepergian ke dan dari ketiga gili itu, kita bisa menggunakan kapal bermotor dan speedboat, tapi jangan lupa dengan jadwal keberangkatan dan kepulangan atau kita akan ketinggal boat dan harus menunggu jadwal berikutnya.
 

Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil. Katanya Gili Trawangan dahulu adalah tempat pembuangan narapidana Raja yang dulu berkuasa membuang sekitar 350 pemberontak suku Sasak dan baru pada tahun 1970-an penduduk Sulawesi menempati daerah ini dan ada yang berkunjung.Kesan pertama ke Gili Trawangan adalah indah dan ramai. In peak seasson, banyak bule-bule berkeliaran hanya berbikini di sepanjang jalan, bahkan tak jarang kita melihat turis-turis berjemur toples.  di Gili Trawangan punya nuansa “party” lebih daripada Gili Meno dan Gili Air, Salah satu yang saya sukai dengan Gili Trawangan adalah kehidupan malamnya. Di sini, untuk urusan café to café memang lumayan menghibur. Dan untuk tiap malamnya, pasti ada saja beach party. Tempat yang sangat cocok untuk young crowd.
 
 
Gili Meno pulau mungil ini menjadi kawasan wisata bahari karena terdapat taman burung dengan koleksi burung-burung langka dari Indonesia dan luar negeri. Pulau Gili Meno populer bagi pasangan yang ingin berbulan madu karena keindahan pulau ini menjanjikan keromatisan.
 

 
Gili Air adalah pulau terkecil kedua dibandingkan dengan tiga gili lainnya seperti Gili Trawangan dan Gili Meno Pantai Gili Air masih berpasir putih dan masih alami ataupun wisatawan keluarga yang ingin merasakan liburan yang tenang.
 

Ada banyak sekali penginapan di Gili dari mulai kelas atas sampai kelas backpacker. Penginapannya unik-unik. Tapi jangan harap dapat penginapan pada musim liburan..all booked. 
 
 
Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan diGili  Trawangan adalah scuba diving. Disini banyak agen-agen yang memberikan kursus Scuba Diving dengan sertifikasi PADI.  Snorkeling kegatan wajib yang sangat sayang dilewatkan jika kita sudah di pulau Gili. kita bisa snorkeling di seluruh tiga gugusan Gili ini.  Jangan lewatkan pula memberi makan ikan. Ikan-ikan di Gili sangat suka roti tawar, jd jangan lupa bawa persediaan roti tawar. Kegiatan lain yang bisa dilakukan disini banyak sekali seperti mengunjungi penangkaran kura-kura, bermain kayak, dan berselancar ataupun  berkuda mengelilingi pulau.
 
 
 
Melihat sunset di Gili juga aktivitas yang membuat saya merinding,  menurut saya sunset di pantai Kuta Bali tidak apa-apanya dibandingkan dengan di Gili, selain itu, saat menikmati sunset kita juga ditambah suguhan gunung Agung di Bali yang bikin saya tambah takjub. Untuk menuju ke sunset point di Gili Trawangan ini hanya berjalan kaki tinggal mengikuti petunjuk arah yang tersedia.
Kalau setelah ini saya ditanya dimana tempat jalan pagi, atau joging terbaik di indonesia? pasti saya akan jawab Gili Trawangan!!!. Kenapa? sudah jelas ini satu – satunya pulau di indonesia yang tidak ada kendaraan bermotor sama sekali. Jalan pagi pun serasa jalan pagi ternikmat. Tidak ada polusi sekali.
 
 
 
Hanya satu hal yang saya tidak suka dari Gili adalah susah  untuk mendapatkan air tawar . Semua yang keluar dari keran itu rasanya asin, cuci muka, sikat gigi …asin smua. Oleh sebab itu, saya sarankan membawa persediaan air kemasaan yang cukup banyak dari Lombok. Namun, di Gili Trawangan tetap tersedia air kemasaan, tapi ya itu dia harganya cukup Mahal.
Untuk makan tidak ada masalah, dari harga kaki lima sampai bintang 5 semua ada diGili, terutama Gili Trawangan. Dari masakan jawa hingga masakan India semua ada. Begitu juga ATM bisa kita temukan diGili Trawangan.

Saya masih percaya bahwa “apa yang ada di Bali bisa dilihat di Lombok, tapi apa yang di Lombok belum tentu bisa dilihat di Bali”. Entah mengapa, Gili selalu mempesona bagi saya. Entah pantainya ataupun suasananya. 
 
 



About This Blog

 
Indonesia - India Mixed Marriage Community © 2012