Labels:

Diwali Festival

Diwali merupakan salah satu festival penting bagi umat hindu di India yang menandakan kembalinya Rama beserta istrinya, Sinta dan adiknya Laksamana ke Ayodhya setelah berhasil memenangkan sebuah perang di mana Rama berhasil membunuh Rahwana. Hal ini menandakan kemenangan kebaikan atas keburukan.

Diwali dalam agama hindu berarti "festival cahaya". Perayaan diwali biasanya jatuh pada bulan oktober atau november setiap tahunnya. khusus tahun ini, diwali akan dirayakan pada tanggal 13 november 2012. masyarakat India biasanya merayakannya dengan berpakaian bagus, mendekorasi rumah-rumah mereka dengan cahaya lampu tradisional "diya" dan lilin, ada pesta kembang api dan juga pembagian "sweet" atau manisan India. mereka juga melakukan ritual keagamaan di kuil maupun berdoa dirumah yang biasa disebut dengan "Pooja".


Tidak hanya umat hindu yang merayakan Diwali. tapi juga umat Budda, Jain dan Sikh. Festival diwali dipercaya dapat mempererat tali persaudaraan antara keluarga dan teman. Perayaannya bisa berlangsung selama lima hari berturut turut.

Pemerintah India menjadikan Diwali sebagai hari libur nasional. tidak hanya di India saja yang menjadikan diwali sebagai hari libur nasional, tetapi di beberapa negara lain juga, seperti Nepal,Sri Lanka, Myanmar, Mauritius, Guyana, Trinidad & Tobago, Suriname, Malaysia, Singapore dan Fiji.

Happy Diwali.....

Sumber:
Interview dengan warna negara India.
http://en.wikipedia.org/wiki/Diwali

About This Blog

 
Indonesia - India Mixed Marriage Community © 2012